Monday, September 23, 2013

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan postingkan tentang Kufur. Kekufuran dan kesyirikan memiliki kesamaan di satu sisi, dan memiliki perbedaaan di sisi lain. Tentang Kesyirikan sudah saya postingkan pada artikel sebelumnya.

Pengertian Kufur
Kufur menurut bahasa Arab berarti penutup dan penghalang. Adapun menurut istilah adalah lawan dari iman yaitu tidak beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Klasifikasi kufur dan contohnya
Kufur terbagi menjadi dua: kufur akbar dan kufur ashghar.
1. Kufur akbar adalah kekufuran yang mengeluarkan seseorang dari Islam. Kufur akbar terbagi menjadi beberapa jenis:

- Kufur dalam bentuk penolakan dan menyombongkan diri, yaitu mengetahui bahwa ajaran yang dibawa oleh para Rasul adalah ajaran Allah namun menolak ajaran tersebut karena merasa angkuh dan sombong untuk tunduk kepadanya. Seperti Iblis la'natullah 'alaih yang menolak perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Adam karena sombong.

- Kufur dalam bentuk meragukan, yaitu meragukan kebenaran ajaran yang dibawa oleh para Rasul. Seperti meragukan kejadian hari kiamat.

- Kufur dalam bentuk berpaling, yaitu sama sekali tidak mempedulikan ajaran para Rasul.

- Kufur dalam bentuk kemunafikan, yaitu kekufuran yang disimpan di dalam hati seraya menampakan diri sebagai orang yang beriman. Seperti seorang yang dalam hatinya mendustakan seluruh atau sebagian ajaran Rasulullah SAW, membenci ajaran tersebut, membenci beliau, terus - menerus berusaha merendahkan agama Islam atau tidak senang jika Islam menang.

2. Kufur ashghar adalah dosa yang dikatakan sebagai kekafiran oleh syariat namun tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam. Contohnya membunuh seorang muslim dan bersumpah dengan selain Allah SWT.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

0 comments:

Post a Comment