Friday, March 29, 2013

Assalamu'alaikum.Wr.Wb...
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan keajaiban otak manusia. Para ilmuwan telah mengungkap bahwa otak tersusun dari sel - sel kecil disebut neuron, yang dalam satu otak jumlahnya mencapai 10000000000 (sepuluh ribu juta sel). Setiap sel neuron ini memiliki beberapa serabut syaraf yang tersusun rapi, dan setiap serabut syaraf memiliki beribu - ribu plasma sel. Ingatan manusia tidak didasarkan pada jumlah sel neuron, tidak pula pada jumlah serabut syaraf yang ada. Tidak juga didasarkan pada jumlah plasma sel.

Tetapi, ingatan manusia dibangun berdasarkan tingkat reaksi (rangsangan) dan keterkaitan (implus) antara plasma sel. Maka, setiap hubungan antara dua plasma sel membentuk satu jalan, dan jumlah jalan - jalan ini menjadi acuhan kemampuan manusia dalam menghasilkan kecerdasan. Semakin banyak jalan pertemuan antara dua plasma sel, semakin besar pula daya ingat manusia.

Agar bisa menghitung jumlah jalan, membutuhkan sehelai kertas untuk menghubungkan antara planet Bumi dan planet Mars. Mengapa?

Yang pertama, karena, angka yang muncul adalah satu, sedang di sisi kananya tujuh nol. Artinya, sepuluh juta kilo meter.

Kedua, di setiap detik, terjadi reaksi - reaksi kimiawi dalam otak manusia, diestimasikan jumlahnya berkisar antara seratus ribu hingga satu juta reaksi.

Ketiga, seandainya aktifitas yang dilakukan seluruh perusahaan telekomunikasi di dunia dijumlah lalu kita bebankan pada otak untuk menggantikannya, itu sudah bisa dijalankan sebagian otak yang bentuknya tak lebih besar dari biji kacang.

Keempat, Prof. Mark Ruzenzn dari Universitas California selama bertahun - tahun melakukan riset untuk mempelajari kapasitas memori yang dimiliki ingatan manusia. Ia menemukan kapasitas memori manusia sangant besar sekali dan tak seorangpun mampu menghitungnya.

Kelima, Ia menemukan seandainya otak diisi pengetahuan baru sebanyak 10 pengetahuan di setiap detik dan selama kurun waktu 60 tahun secara terus menerus, malam dan siang tanpa henti, maka bagian otak manusia yang telah diberi penegtahuan - pengetahuan ini hanya sebesar seperjuta dari bentuk akan manusia.

Keenam, di antara informasi (data) yang dinyatakan para ilmuwan bahwa 10 juta sel saraf bertempat di otak dan bahwa ukuran fisik otak tidak berkorelasi dengan kecerdasan.

Ketujuh, otak manusia mampu melakukan 400 juta proses penghitungan di setiap menit.

Kedelapan, manusia mampu memproses hingga 30 milyar informasi di setiap detik.

Kesembilan, Ia istimewa lantaran mengandung sekitar 6000 mil kabel.

Kesepuluh, pada umumnya, manusia mengandung sekitar 28 milyar sel syaraf untuk melakukan impuls syaraf.

Kesebelas, kemampuan otak manusia dalam memproses data sangan luar biasa, khususnya ketika mau memperhatikan bahwa komputer, seberapapun kecepatannya, tidak bisa melakukan lebih dari satu hubungan di setiap proses.

Masya Allah, sungguh dasyat kemampuan yang dimiliki otak ini. Betapa besar jumlah yang mampu disimpannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk bisa memaksimalkan otak kita. Bisa kita isi dengan menghafal, menutut ilmu dan lain sebagainya. Sekian Insya Allah bersambung lagi dengan tulisan yang lain.
Wassalamu'alikum.Wr.Wb....

0 comments:

Post a Comment